Tips Mengasah Kemampuan Berkomunikasi dengan Klien

Tips Mengasah Kemampuan Berkomunikasi dengan Klien

Apakah kamu merasa sedikit kesusahan untuk berkomunikasi dengan klien? Kamu ingin berhasil dalam melakukan komunikasi dan berhubungan dengan klien, tapi kamu tidak bisa melakukan ini dengan mudah. 

Ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang terjun di dunia bisnis yang mengharuskan kamu berhubungan dengan para klien dengan karakter dan juga kemauan mereka masing-masing. 

Mungkin kamu memang sedang dalam kondisi seperti ini, sebaiknya mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini yang bisa membuat kamu menjadi lebih mudah dalam mengasah kemampuan berkomunikasi dengan klien:

Temukan Tingkat Kenyamanan

Untuk bisa berkomunikasi dengan klien, kamu sebagai seorang pebisnis pun harus mampu menemukan apa yang disebut dengan tingkat kenyamanan. Dengan mempunyai tingkat kenyamanan kamu sendiri inilah yang bisa membantu kamu meraih kunci sukses berkomunikasi dengan klien.

Agar kamu menjadi lebih nyaman dengan pekerjaan kamu dan bisa mengusahakan komunikasi yang nyaman dengan klien kamu, sebaiknya kamu mencoba untuk bekerja dibeberapa tempat yang mempunyai sifat profesionalitas sama sehingga bisa membantu kamu untuk bertemu dengan berbagai macam klien dan belajar untuk menghadapi mereka serta mempelajari karakter para klien ini. 

Jika tidak, cobalah untuk mengikuti pelatihan dari mentor yang sudah terkenal handal atau bisa juga dengan mengikuti kelas khusus. 

Pelajari Kebiasaan Klien

Banyak yang mengabaikan bagaimana sifat klien yang sesungguhnya. Ini sungguh hal yang sangat tidak baik karena mau bagaimana pun kamu menghadapi individual atau grup yang mempunyai karakternya sendiri. 

Adakalanya klien satu dengan yang lain memiliki karakter yang tidak sama. Jadi, kamu sebaiknya tidak berkomunikasi dengan gaya dan tingkat kenyamanan yang sama untuk setiap klien yang datang pada kamu. 

Alangkah baiknya jika kamu menghadapi klien kamu dan berkomunikasi sesuai dengan karakter mereka masing-masing sehingga klien pun akan lebih percaya dengan tawaran kamu. 

Perlakukan Klien Pertama dengan Sebaik-baiknya

Ini adalah hal yang sangat penting, yaitu memperlakukan klien pertama dengan sebaik-baiknya. Mengapa? Karena secara tidak langsung kamu bisa menggunakan klien kamu ini untuk menjadi duta dalam mempromosikan kinerja kamu. Jadi, usahakan untuk membangun komunikasi yang sebaik mungkin dengan klien pertama kamu. 

Dengan pelayanan terbaik yang kamu berikan ini bisa membantu kamu dalam mendapatkan klien-klien baru lainya. Tentu saja klien pertama ini akan puas dengan kinerja kamu dan menceritakannya pada rekan bisnisnya yang lain. 

Komunikasi Untuk Membangun Relasi

Kamu bisa mengasah kemampuan berkomunikasi kamu sembari membangun relasi. Yang kamu butuhkan adalah bagaimana klien menyukai kamu dan akan terus menjadi relasi kamu. Beruntungnya lagi, jika klien ini membantu dalam membuatkan jaringan koneksi dan relasi-relasinya untuk kamu. 

Hal yang harus kamu lakukan sebagai bagian dari komunikasi yang baik adalah dengan mengusahakan untuk selalu bertatap muka dengan klien dibandingkan dengan mengirimkan surat elektronik atau email. Jika terpaksa harus mengirimkan email untuk berkomunikasi pastikan kamu menggunakan pendekatan personal daripada konsep standar yang terkesan kaku.

Komunikasi Untuk Mempertahankan Relasi

Setelah kamu mendapatkan relasi dari klien sebaiknya kamu terus menjaga komunikasi. Kamu bisa belajar untuk memperbaiki komunikasi kamu dengan klien dengan mengirimkan newsletter mengenai bisnis kamu secara rutin.

Dengan begitu para klien kamu pun akan terbiasa meng-update info-info terbaru dari kamu. Kamu tidak perlu susah payah untuk berkomunikasi langsung dengan klien. Dengan memposting newsletter ini saja kamu sudah bisa berkomunikasi dengan klien bahkan bisa jadi mendapatkan job baru daei klien.

1 Komentar

  1. Nah itu dia terkadang saat sudah mendapatkan relasi untuk suatu bisnis, lalu mencari relasi lain.. Seketika lupa dan jarang ada komunikasi lagi kalau gak menyangkut dengan bisnis, padahal ingin sekali berkolaborasi bertukar ide satu sama lain gitu, berdasarkan pengalaman mereka gitu... Tapi kalau belum kenal banget, ada rasa gak enakan gitu ya.. hhu

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama