Batuk Terus Menerus, Mungkinkah Mau Terkena Penyakit Ini?

Batuk Terus Menerus, Mungkinkah Mau Terkena Penyakit Ini?

Lingkarpost.com - Pada dasarnya, tubuh kita telah dirancang sedemikian rupa untuk menanggapi respon secara langsung dari luar baik yang baik untuk tubuh ataupun yang dapat mengganggu kinerja tubuh kamu. Pada kasus terkena suatu penyakit seperti batuk sekalipun, sebenarnya hal tersebut merupakan reaksi fisiologis kamu dalam menanggapi respon benda asing dalam tubuh. 

Batuk berdahak ataupun batuk kering dapat dikategorikan sebagai jenis-jenis batuk yang telah kamu ketahui sebelumnya. Namun, masalahnya karena penyakit ini tergolong memiliki level yang biasa saja dibandingkan penyakit jantung, diabetes atau lainya menyebabkan banyak orang khususnya bahkan perempuan cenderung mengabaikanya. Banyak juga yang berpresepsi 'nanti juga sembuh sendiri' justru hal tersebut yang perlu kamu hindari. 

Pada dasarnya, benda asing yang masuk kedalam tubuh akan direspon banyak organ tubuh dan menghasilkan reaksi seperti batuk. Namun apabila berkepanjangan itu adalah pertanda bahwa benda asing tersebut sudah hampir mengendalikan sebagian besar tubuh kamu sehingga kondisi kamu melemah karenanya. Apabila terus kamu abaikan khususnya batuk berdahak atau batuk kering bisa saja berdampak pada hal lain seperti:

  • TBC Paru

Dengan gejala yang perlu kamu perhatikan seperti sesak nafas, batuk berdahak yang terkadang disertai darah selama dua minggu lamanya, keringat dingin pada saat malam, nyeri dada dan juga sesak nafas yang membuat bahaya penyakit batuk yang awalnya biasa saja bisa menjadi mematikan. 

  • ISPA Akut

Biasa disebut juga sebagai bentuk infeksi pada saluran pernafasan, kamu akan menemukan gejala seperti pilek, nyeri dada hingga sesak nafas bahkan nyeri dimata, dan juga batuk dengan dahak yang kuning kental apabila kamu mengabaikan batuk terus menerus. 

Dapat kamu lihat, batuk berdahak atau batuk kering sekalipun apabila diabaikan saja bisa menjadi masalah yang lebih, meski dengan gejala-gejala yang ringan, bukan menjadi alasan untuk kamu dalam menjaga dan mengobati kesehatan kamu khususnya daya tahan tubuh perempuan yang lebih rentan terhadap pengaruh lingkungan sehingga membuat kamu harus lebih prihatin dalam menjaga kesehatan diri sendiri. 

3 Komentar

  1. kemaren itu saya terus terusan batuk satu bulan kemudian sembuh...mungkin juga karena pengaruh stress akibat PKKM (pembatasan). Karena pas sudah boleh melakukan perjalanan saya merasa sehat dan batuk batuk bandel itu mulai menghilang ya...

    Padahal waktu di rumah tidur saja susah, batuk melulu. Dan persis seperti yang di tulis di artikel ini: berkepanjangan.

    BalasHapus
  2. Saya batuknya berkepanjangan tapi tidak merasa sakit apa apa, itu yang pingin saya selidiki. soalnya sudah ke dokter mereka bilang batuk biasa. Soalnya begini, adik saya pernah menerima diagnosa dokter ternyata selang bebarapa tahun ternyata salah. Ia menderita tbc

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama