Atasan Harus Bisa Membaca Karakter Bawahan

Atasan Harus Bisa Membaca Karakter Bawahan

Sebagai seorang atasan pasti memiliki bawahan, yang masing-masing memiliki perilaku dan karakter yang berbeda. Namun apa yang akan dilakukan, apabila memiliki karyawan yang bersikap egois dan selalu ingin menang sendiri. 

Sebagai seorang atasan, tentunya kamu harus bersikap bijaksana dalam mengatasi masalah ini sehingga tidak muncul masalah lebih lanjut. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk situasi seperti ini, yaitu:

Kumpulkan fakta. Pastikan bahwa sikap egois tersebut bukan hanya gosip yang beredar melainkan sebuah kenyataan. 

Evaluasi perilaku karyawan tersebut dan pengaruhnya terhadap kinerja kerjanya dan juga terhadap atmosphere di lingkungan kerja.

Cari tahu penyebab perilaku ini, apakah memang sudah menjadi trait dari karyawan itu atau ada alasan lain dibaliknya. 

Sabar dan tetap bersikap objektif dalam menghadapi persoalan ini. Kamu tidak akan mendapatkan hasil apapun bila kamu kehilangan kesabaran dan tidak mampu melihat masalah ini dari sudut pandang yang berbeda. 

Bila kamu merasa bahwa sikap egois tersebut membawa efek negatif bagi kinerja karyawan dan juga lingkungan kerjanya maka sudah saatnya kamu mengambil tindakan. 

Bicarakan baik-baik hal ini dengan karyawan tersebut secara empat mata. Pastikan bahwa kamu tidak menyerang pribadinya tapi lebih menyoroti kepada perilaku egois yang sudah pernah muncul.

Perlihatkan padanya efek buruk yang muncul dari perilaku tersebut dan jelaskan apa yang kamu inginkan dengan bahasa yang sederhana, jelas dan lugas tanpa menyerang pribadi karyawan tersebut.

Ketegasan sikap adalah salah satu cara yang bisa kamu tunjukan sedari dini untuk mencegah adanya masalah lebih lanjut.

Pastikan bahwa seluruh karyawan kamu mengetahui konsekuensi dari perilaku mereka. Pastikan juga bahwa kamu menjadi contoh dan teladan dari setiap aturan yang ada. 

Karyawan yang egois dan sulit diatur akan menjadi bagian rutin dari kehidupan kamu sebagai atasan. Rancangan manajemen kerja yang terperinci bisa mengurangi adanya masalah seperti ini, namun ada kalanya tindakan keras seperti pemindahan tugas atau pemecatan tidak bisa dihindari pada beberapa kondisi tertentu. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama